Program Peningkatan Gizi


Melalui program peningkatan gizi, Japfa Foundation telah mendampingi sejumlah 6.895 orang penerima manfaat dari 9 Sekolah Menengah Atas di Kota Jakarta Selatan dan 1 Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Tambolaka dalam program edukasi gizi untuk remaja serta 4 Sekolah Dasar dalam program pojok gizi.

Program Peningkatan Gizi

Untuk meningkatkan akses terhadap informasi gizi dan pemenuhan gizi terutama pada anak dan remaja putri.

  1. Membangun kesadaran akan pentingnya gizi seimbang melalui edukasi gizi


  • 46 orang remaja putri mendapatkan pelatihan intensif terkait gizi dan telah mampu melakukan edukasi pada teman sebaya dan masyarakat umum.

  • 32 orang tenaga pendidik mendapatkan pelatihan terkait gizi dan terampil mengelola buku pantau gizi bagi 454 siswa di 4 Sekolah Dasar dampingan Japfa Foundation.

  • 67 orang tua peserta didik dan petugas kantin Sekolah Dasar mendapat pelatihan terkait gizi seimbang dan menu sehat.
Avatar

  1. Riset dan kerjasama ketahanan pangan dan gizi


  • 2 riset terkait ketahanan pangan dan gizi telah dilakukan yakni literasi gizi dan hubungan pola konsumsi dengan kejadian anemia pada remaja putri.
  1. Temuan kunci riset literasi gizi pada remaja adalah:

  1. Literasi gizi dasar yang kurang pada remaja.

  2. Rendahnya akses media (digital/non digital) terkait gizi yang terpercaya.

  3. Tingkat pendidikan dan penghasilan mempengaruhi tingkat literasi gizi.

  4. Rendahnya akses remaja dalam menggunakan layanan kesehatan di bidang gizi didukung dengan SDM ahli gizi yang kurang memadai jumlahnya.

B. Temuan kunci riset hubungan pola konsumsi dengan kejadian anemia pada remaja putri adalah sebanyak 48,4% remaja di Kota Bekasi mengkonsumsi protein hewani kurang dari 2 porsi perhari yang mengakibatkan kejadian anemia di kalangan remaja putri tinggi.

Avatar

  1. Kemitraan untuk ketahanan pangan dan gizi


  • 4 Sekolah Dasar dampingan Japfa Foundation bekerjasama dengan mitra ahli lokal dari Dinas Kesehatan dan universitas dalam program pojok gizi.

  • 2 Sekolah Dasar dampingan Japfa Foundation mengembangkan kantin sehat dan menguatkan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

  • 1 Sekolah Menengah Kejuruan dampingan Japfa Foundation bekerjasama dengan puskesmas untuk edukasi gizi pencegahan stunting.
Avatar

  1. Mendorong dan mengembangkan Working Models


  • Proyek NutriTeen menghasilkan modul dan KIE gizi untuk remaja putri yang dapat digunakan dalam program edukasi gizi pada remaja putri.

  • Proyek pojok gizi di 4 Sekolah Dasar dampingan Japfa Foundation menghasilkan modul edukasi dan buku pantau gizi yang dapat digunakan oleh tenaga pendidik, peserta didik dan orang tua.
Avatar
BERITA