Lamongan, 6 Maret 2017 – Peresmian 210 jamban sehat di kabupaten Lamongan untuk mendukung program Open Defecation Free (ODF) oleh PT Jakamitra dengan JAPFA Foundation, dilakukan oleh Bupati Lamongan H. Fadeli SH.MM di desa Tlogo-sadang Kecamatan Paciran. Peresmian ini juga disaksikan oleh Camat Paciran Drs. Fadheli Purwanto.MM, 15 Kepala Desa dari Kecamatan Paciran kader pendamping desa, kader kesehatan, kader PKK desa, tokoh desa, para ulama, dan tokoh masyarakat Paciran serta Puskesmas.

Pembangunan jamban sehat, kata Andi Prasetyo, adalah landasan penting rangkaian pola  hidup sehat, baik secara jasmani, rohani dan mind-set. Hal ini sesuai dengan pilar kesehatan dari program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan JAPFA Foundation. Program pemberdayaan masyarakat di Kecamatan Paciran ini dilaksanakan di Desa Kemantren, Desa Sidokelar dan Desa Tlogosadang.

“Kami juga menyusun Buku Panduan Hidup Sehat dan gizi Seimbang, Kegiatan Diskusi Kelompok di 3 desa dan penyuluhan pentingnya jamban sehat yang bersinergi dengan program Kabupaten Lamongan yakni Open Defecation Free (ODF) atas dukungan JAPFA Foundation dan PT Jakamitra Indonesia,” papar Andi.

Bapak Yanto, salah satu warga penerima unit jamban sehat berharap dengan jamban sehat yang dibangun JAPFA Foundation, keluarganya akan hidup lebih sehat dan nyaman. “Saya sampai sembah sujud sudah ada WC dalam rumah. Jadi enak, aman. Kalau di luar ada rasa takut dan sangat repot. Sekarang sudah aman,” ujar Bapak Yanto.

DSC07478Untuk program ODF, JAPFA Foundation melibatkan masyarakat Kecamatan Paciran mulai dari Karang Taruna, Pelajar, Pramuka, Ulama, Babinsa dan elemen masyarakat lainnya. Sebelumnya, dilakukan proses pemilihan yang dikoordinir oleh masing-masing kelurahan untuk setiap anggota masyarakat yang akan dilibatkan sesuai dengan keahlian dan kebutuhan pekerjaan di lapangan. 1 Tim Gotong Royong kemudian dibentuk untuk bekerja di setiap desa.

JAPFA Foundation mengemban amanah untuk memastikan bahwa pertumbuhan industri dari JAPFA Group senantiasa diimbangi dengan kemajuan sosial ekonomi dan di masyarakat sekitar wilayah operasi dari setiap unit usaha JAPFA Group.