BERITA

photo
Bertani Untuk Negeri Batch 2 Resmi Dibuka
 31 March 2021 11:28:10    Education

Selepas program Bertani Untuk Negeri (BUN) Batch 1 selesai dilaksanakan, Japfa Foundation terpacu untuk terus bergerak membenahi sektor pertanian dan petenakan di Indonesia. Sebagai komitmen dan kontribusi secara nyata, Program Bertani Untuk Negeri Batch 2 resmi dibuka pada tanggal 15 Maret 2021. Opening ceremony dilakukan di Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi) TNI AD, Bogor dan dihadiri oleh petinggi PT Ciomas Adisatwa, perwakilan TNI AD dari Puzdikzi, dan 45 peserta muda program BUN Batch 2. Opening ceremony berjalan dengan lancar sekaligus acara resmi berjalan ditandai pengalungan name tag kepada 45 peserta muda.

Di hari pertama, para peserta BUN Batch 2 langsung mendapatkan orientasi dari tim proyek BUN Batch 2 dan juga oleh TNI AD. Para peserta dilatih disiplin sejak awal dan mengenal lingkungan mereka. Selama 3 minggu awal, para peserta akan mengikuti bootcamp di Pusdikzi. Selama bootcamp para peserta akan secara intensif mengikuti pelatihan soft skills dan pelatihan keterampilan bisnis, seperti: operasi, akuntansi, dan manajemen proyek. Diharapkan setelah para peserta mengikuti bootcamp, mereka sudah lebih siap untuk berkolaborasi langsung dengan peternak di area klaster untuk meningkatkan produktivitas peternak, sekaligus mengembangkan kepemimpinan, serta keterampilan berpikir kritis para peserta muda.

.

Baca selengkapnya
photo
Selamat kepada 45 orang peserta terpilih Program Bertani Untuk Negeri Batch 2
 22 February 2021 10:02:32    Education

Selama bulan Maret hingga Agustus 2021, teman-teman peserta akan mendapatkan pelatihan, mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam pengembangan usaha peternakan serta berkesempatan mendampingi hampir 160 peternak mitra perusahaan. Pendampingan yang dilakukan nantinya, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan para peternak. Kegiatan program akan dilaksanakan di desa-desa area Banten dan Jawa Barat.

Setelah menyelesaikan program selama 6 bulan, peserta diharapkan lebih siap kerja baik di dunia industri maupun berwirausaha serta dapat membangun koneksi dengan para pakar dibidang peternakan.

Siapkan diri Anda JFriends dan sampai bertemu di bulan Maret!

Berikut link pengumuman nama peserta terpilih Program Bertani Untuk Negeri Batch 2.

.

Baca selengkapnya
photo
Persiapan Program Bertani Untuk Negeri Batch 2
 16 February 2021 09:02:15    Education

Japfa Foundation saat ini sedang melakukan persiapan program Bertani Untuk Negeri (BUN) Batch 2 yang akan berjalan di bulan Maret 2020. Program BUN Batch 2 akan menyasar pada 7 (tujuh) lokasi, yaitu: Cirebon, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Karawang, Ciamis, dan Subang. Program ini akan menjangkau 150 peternak dan 40 lulusan dan mahasiswa secara khusus jurusan Fakultas Peternakan dan Kedokteran Hewan. Sebagai bentuk komitmen terhadap peningkatan sumberdaya manusia di sektor pendidikan khususnya pendidikan untuk pertanian, Japfa Foundation mengembangkan program pendidikan dan pelatihan dengan harapan para generasi muda dapat mengimplementasikan pengalaman, pengetahuan dan keterampilan yang didapat selama di perguruan tinggi untuk kesejahteraan masyarakat serta dapat memajukan sektor peternakan Indonesia di masa depan.

Antusias calon peserta program BUN 2

Pada Batch 2 ini jumlah peserta yang mendaftar lebih dari 350 orang dan berasal dari kampus-kampus terkemuka di Indonesia, yaitu: UGM, IPB, Unpad, Undip, Unsoed, Universitas Andalas, dan masih banyak kampus lainnya. Setelah melalui proses seleksi wawancara yang diadakan pada awal Februari 2021, sebagian calon peserta BUN Batch 2 sangat antusias dengan program ini yang akan mempertemukan dan berkolaborasi antara fresh graduate yang memiliki latar belakang peternakan dengan peternak rakyat. Para calon peserta berharap dapat memberikan kontribusi nyata terhadap kemajuan peternak Indonesia melalui program ini.

Senyum Para Peternak

Para peternak calon peserta BUN Batch 2 umumnya memiliki kendala untuk mengembangkan usaha peternakannya karena tertinggal informasi dan teknologi terkini. Hal ini menyebabkan para peternak menyambut positif program BUN. Mereka sangat antusias dan berharap peternakan yang mereka kelola selama ini dapat meningkat dari segi teknologi, pengetahuan serta pendapatannya melalui program BUN. Sebagian besar peternak juga tidak sabar untuk berkolaborasi dengan para fresh graduate dari kampus-kampus ternama di Indonesia dengan latar belakang peternakan.
                                

.

Baca selengkapnya
photo
Pembukaan Program Bertani Untuk Negeri 2020 Japfa Foundation
 05 October 2020 16:31:02    Education

Senin, 21 September 2020 - Ketahanan pangan yang digadang-gadang oleh pemerintah Indonesia saat ini ternyata memperlihatkan bahwa masih cukup banyak pekerjaan rumah yang perlu dibenahi dan diperhatikan di sector tersebut, khususnya dalam usaha regenerasi petani muda yang kelak akan menjadi penerus dalam pengolahan lahan pertanian dengan berbagai inovasi dan teknologi. Namun nyatanya, Badan Pusat Statistik menerbitkan laporan bertajuk Sensus Pertanian 2013 yang menunjukkan adanya penurunan jumlah petani muda di Indonesia pada rentang umur produktif yaitu sebanyak 3.129.644 untuk rentang usia 25-35 tahun dan 229.943 orang untuk rentang usia 15-24 tahun dari total 26.135.469 petani yang terdata di tahun 2013. 

Regenerasi petani di Indonesia diperlukan sebagai langkah modernisasi pertanian demi memenuhi kebutuhan pangan yang semakin hari semakin bergerak cepat. Generasi petani muda juga diharapkan dapat bekerja sama dengan petani yang berada di lapangan. Dalam hal ini, JAPFA Foundation meluncurkan program “Bertani untuk Negeri” yang pelaksanaannya telah dimulai pada pertengahan Agustus 2020 dengan jumlah pendaftar sebanyak 466 anak muda dari berbagai universitas negeri dan swasta di Indonesia. Setelah melewati serangkaian seleksi wawancara yang dilaksanakan secara online pada 21 – 28 Agustus 2020, terpilihlah 16 penerima program. 

Bertani Untuk Negeri berlangsung selama 6 bulan dimulai dari September 2020 hingga Maret 2021 di Desa Ender dan Gagasari, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon. Program yang mempertemukan anak muda dengan petani dan peternak untuk bekerja bersama-sama mengembangkan sektor pertanian di Indonesia. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Ir. Yahja Djanggola selaku Head of Japfa Foundatian yang hadir dalam pembukaan program pada 21 September 2020 di Balai Desa Gagasari, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat “jadikan Program Bertani Untuk Negeri sebagai sarana menimba ilmu dan teknologi terbaru terkait peternakan khususnya ayam broiler”, Program ini akan memberikan pendidikan dan pelatihan bagi peternak rakyat serta bertujuan untuk mencetak para peternak yang unggul, berkualitas, serta profesional. Program ini diharapkan dapat menjadi sarana kolaborasi antara sistem pertanian konvensional dengan sistem teknologi modern.

Pada acara pembukaan program tersebut dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat sebagai utusan Gubernur Jawa Barat, Bapak Jafar Ismail yang turut menyampaikan dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat khususnya dari Bapak Ridwan Kamil selaku Gubernur Provinsi Jawa Barat terhadap program ini, menyampaikan pesan ’kita sebagai masyarakat pertanian seharusnya tinggal di desa, penghasilan kota dan berpengetahuan dunia’.  

Program Bertani Untuk Negeri memberikan pelatihan kepada 16 orang sarjana lulusan baru yang nantinya akan belajar bersama dengan 11 orang peternak dari Desa Ender dan Gagasari. Kegiatan pelatihan akan difasilitasi oleh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dari PT. Ciomas Adisatwa unit commercial, staf PT. Ciomas Rumah Potong Ayam (RPA), staf Japfa Foundation dan pembicara tamu dari unit terkait. Dengan harapan para peserta akan mendapatkan bekal untuk bisa bersaing di dunia kerja, seperti yang telah disampaikan oleh Bapak Dwi Priyastoko selaku Head of Unit PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk unit Cirebon “peserta harus memanfaatkan teknologi untuk pembangun pertanian dan peternakan Indonesia’.

JAPFA Foundation merupakan yayasan korporasi yang berdiri pada bulan Maret 2015 dengan visi utama untuk memaksimalkan potensi kaum muda melalui pendidikan agrikultur.

.

Baca selengkapnya
photo
Pengumuman Peserta Program Bertani Untuk Negeri 2020
 25 September 2020 14:28:08    Education

Menjawab masalah ketahanan pangan dan kebutuhan lulusan yang siap kerja, Japfa Foundation mengembangkan Program Bertani Untuk Negeri. Bertani Untuk Negeri merupakan program yang mempertemukan anak muda dengan petani dan peternak untuk bekerja dan belajar bersama mengembangkan sektor pertanian di Indonesia.  

Antusiasme anak muda untuk mengikuti Program Bertani Untuk Negeri cukup tinggi. Hal ini dilihat dari jumlah pendaftar Program Bertani Untuk Negeri pada 17 Agustus 2020 lalu sebanyak 466 orang. Para pendaftar berasal dari berbagai perguruan tinggi swasta dan negeri diseluruh Indonesia. Sebanyak 466 pendaftar tersebut berasal dari 111 perguruan tinggi di 25 provinsi seluruh Indonesia, dengan komposisi fakultas yaitu 46% peternakan, 25% pertanian, dan 29% dari fakultas lain.

Serangkaian proses seleksi dimulai dari seleksi administrasi, seleksi wawancara 1, seleksi wawancara 2, dan medical checkup. Seluruh rangkaian seleksi sudah dilakukan pada bulan Agustus 2020. Pada 2 September 2020 telah ditetapkan 16 orang penerima program dari 11 perguruan tinggi di Indonesia yang berasal dari pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Para peserta program akan mendapatkan pelatihan sekaligus bekerja bersama para peternak ayam untuk meningkatkan performa hasil ternak. Program Bertani Untuk Negeri berlangsung selama 6 bulan mulai dari 15 September 2020 hingga 7 Maret 2021 di Desa Ender dan Gagasari, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon.

Berikut adalah nama-nama penerima Program Bertani Untuk Negeri 2020. 

1. Nama Lengkap : M. Fitra Wahid

    Perguruan Tinggi :Universitas Andalas

    Strata Pendidikan : S1

    Fakultas : Peternakan

    Program Studi : Peternakan

 

2. Nama Lengkap : Reza Fauziyah

   Perguruan Tinggi : Universitas Jenderal Soedirman

   Strata Pendidikan : S1

   Fakultas : Peternakan

   Program Studi : Peternakan

 

3. Nama Lengkap : Univia Gissa Chisara

   Perguruan Tinggi : Universitas Jenderal Soedirman

   Strata Pendidikan : S1

   Fakultas : Peternakan

  Program Studi : Peternakan

 

4. Nama Lengkap : Talita Taerea Anindita Prasetyawati

   Perguruan Tinggi : Universitas Brawijaya

   Strata Pendidikan : S1

   Fakultas : Peternakan

   Program Studi : Peternakan

 

5. Nama Lengkap : Fikri Ibadurrahman

    Perguruan Tinggi : Universitas Padjajaran

    Strata Pendidikan : S1

    Fakultas : Peternakan

    Program Studi : Peternakan

 

6. Nama Lengkap : Roqi Reflanska Bintang Mahardika

    Perguruan Tinggi : IPB University

   Strata Pendidikan : S1

   Fakultas : Peternakan

   Program Studi : Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan

7. Nama Lengkap : Waode Nurmayani 

    Perguruan Tinggi : Universitas Hasanuddin

    Strata Pendidikan : S1

    Fakultas : Peternakan

    Program Studi : Peternakan

 

8. Nama Lengkap : Alda Navira

    Perguruan Tinggi : Universitas Lambung Mangkurat

    Strata Pendidikan : S1

    Fakultas : Pertanian

    Program Studi : Agroekoteknologi

9. Nama Lengkap : Nazirah

    Perguruan Tinggi : Universitas Syiah Kuala

    Strata Pendidikan : S1

    Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

    Program Studi : Pendidikan Fisika

 

10. Nama Lengkap : Ghina Athiyah 

      Perguruan Tinggi : Institut Teknologi Bandung

      Strata Pendidikan : S1

      Fakultas : Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati

      Program Studi : Rekayasa Pertanian

11. Nama Lengkap : Wahyu Alif Fazrien

      Perguruan Tinggi : Universitas Brawijaya

     Strata Pendidikan : S1

     Fakultas : Peternakan

     Program Studi : Peternakan

 

12. Nama Lengkap : Wahyu Jaelani S.

      Perguruan Tinggi : Universitas Hasanuddin

      Strata Pendidikan : S1

      Fakultas : Peternakan

      Program Studi : Peternakan

 

13. Nama Lengkap : Kezia Naomi Christy Brginting 

      Perguruan Tinggi : Universitas Diponegoro

      Strata Pendidikan : S1

      Fakultas : Peternakan

      Program Studi : Peternakan

 

14. Nama Lengkap : M Haris Munandar

      Perguruan Tinggi : Universitas Syiah Kuala

      Strata Pendidikan : S1

      Fakultas : Pertanian

      Program Studi : Peternakan

15. Nama Lengkap : Martha Yousephine Girsang

      Perguruan Tinggi : Universitas Gajah Mada

      Strata Pendidikan : S1

      Fakultas : Peternakan

      Program Studi : Ilmu dan Industri Peternakan

 

16. Nama Lengkap : Bayu Dwi Pangestu

      Perguruan Tinggi : IPB University

      Strata Pendidikan : S1

      Fakultas : Peternakan

      Program Studi : Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan

 

Kami sangat menghargai ketertarikan seluruh pendaftar untuk mengikuti Program Bertani Untuk Negeri 2020 di Japfa Foundation. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendaftar karena sudah bersedia memberi kesempatan kepada kami untuk melihat profil dan pencapaian Anda selama ini. 

Program kami akan terus berjalan dan berkembang nantinya. Kami berharap Anda bisa melamar pada program kami berikutnya dan mendapat kesempatan bergabung menjadi bagian dari program.

Terima kasih atas keseluruhan proses yang sudah Anda ikuti dan sukses untuk seluruh rencana masa depan yang sedang Anda susun. 

 


 

.

Baca selengkapnya
photo
Selamat kepada 110 Penerima Beasiswa Prestasi Japfa Foundation 2020
 12 August 2020 10:23:49    Education

Jakarta, 11 Agustus 2020 – Sebagai bentuk komitmen terhadap peningkatan sumber daya manusia di sektor pendidikan, khususnya pendidikan agrikultur, Japfa Foundation memberikan beasiswa kepada mahasiswa jenjang pendidikan D3 dan S1 dari Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Peternakan, Pertanian serta Perikanan dan Ilmu Kelautan. Pada tahun 2020, Japfa Foundation bekerja sama dengan 6 perguruan tinggi negeri di Indonesia, yakni Universitas Syiah Kuala, Universitas Andalas, IPB University, Universitas Brawijaya, Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Hassanuddin.

Program Beasiswa Prestasi Japfa Foundation yang diinisasi pada tahun 2017 ini bertujuan untuk mencetak generasi muda di bidang agribisnis dan agroteknologi yang mampu menjadi wirausaha muda dan atau berkontribusi pada industri peternakan sehingga dapat bersaing di era industri 4.0. Selain itu, melalui program beasiswa ini diharapkan para penerima beasiswa dapat mengimplementasikan pengalaman, pengetahuan dan keterampilan yang didapat selama di bangku kuliah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, utamanya di sektor pertanian, pertanian dan perikanan.

Proses seleksi beasiswa ini dimulai dengan pendaftaran di bulan Maret 2020 diikuti dengan rangkaian seleksi administrasi dan wawancara. Setelah melalui rangkaian seleksi, terpilih 110 mahasiswa dari 272 pelamar yang berhak menerima Beasiswa Prestasi Japfa Foundation cohort 2020.

Adapun nama-nama penerima Beasiswa Prestasi Japfa Foundation cohort 2020 berdasarkan universitas sebagai berikut:

A. Universitas Syiah Kuala

No Nama Program Studi
1 Annisa Hanugrah Rizki S1 - Pendidikan Dokter Hewan
2 Ayu Safitri S1 - Pendidikan Dokter Hewan
3 Reski Amalia Rahim DM S1 - Pendidikan Dokter Hewan
4 Filna Muharani S1 - Pendidikan Dokter Hewan
5 Asnita Purnama  S1 - Pendidikan Dokter Hewan
6 Vrygita Vhahira S1 - Pendidikan Dokter Hewan
7 Muhammad Akbar S1 - Pendidikan Dokter Hewan
Novredha Rahmadita S1 - Pendidikan Dokter Hewan
9 Mairani Putri S1 - Pendidikan Dokter Hewan
10 Anathia Nurul Usqa S1 - Pendidikan Dokter Hewan
11 Indri Nadya Monalisa S1 - Pendidikan Dokter Hewan
12 Rindiani Shalehah D3 - Kesehatan Hewan
13 Indrawirman D3 - Kesehatan Hewan
14 Jefri Hariadi D3 - Kesehatan Hewan
15 Triska Silvia D3 - Kesehatan Hewan
16 Mustaqim D3 - Kesehatan Hewan
17 Alwitra Putri D3 - Kesehatan Hewan

 

B. IPB University

No Nama Program Studi
1 Aulia Nurul Saputri NTP
2 Danang Bian Retnanto NTP
3 Tyas Intani NTP
4 Evi Gustika Sitanggang NTP
5 Sandy Nayohan NTP
6 Liza Onafia Putri NTP
7 Vivi Indriani THT
8 Aulia Septiani THT
9 Nurul Fitri THT
10 Amira Hana Hisanah THT
11 Zahratul Jannah TPT
12 Daffa Khairy Almayrizq TPT
13 Intan Sari TPT
14 Avicenna Muhammad TPT

 

C. Universitas Andalas

No Nama Program Studi
1 Zamdari Asyyura Peternakan
2 Fadil Muhammad Siregar Peternakan
3 Afdal Yusra Peternakan
4 Revo Agsyamerta Ventora Peternakan
5 Hanif Rahmi Peternakan
6 Anna Megawati Br Pakpahan Peternakan
7 Nur Isnaini Adlian Z Peternakan
8 Elsha Fadillah Azmi Peternakan
9 Rifo Sela Akbar Peternakan
10 Rida Oktavia Peternakan
11 Annisa Amini Siregar Peternakan
12 Muhammad Akbar Almagribi Peternakan
13 Rian Maulana Pertanian
14 Akbar Fadillah Pertanian
15 Helwiga Syintia Pertanian
16 Mizi Sasrido Pertanian
17 Khara Uli Claidia Ambarita Pertanian
18 Farhan Hasbulah Pertanian
19 Maya Friska Yuda Pertanian

 

D. Universitas Brawijaya

No Nama Program Studi
1 Hisyam Ryadhika Peternakan
2 Agatha Perseveranda Bunga M Peternakan
3 Rifa Naziihah Peternakan
4 Afrizal Ramadhani Fauzi Peternakan
5 Cindy Heryanti Kusuma Wardhani Peternakan
6 Brilla Ismaya Safitri Peternakan
7 Adhe Tya Purnomo Dwi Herlanda Peternakan
8 Aiski Rekasela Peternakan
9 Winda Fransisca Saragih  Peternakan
10 Romy Abdillah Ramadhan  Peternakan
11 Muhammad Alfiandi Rachmad Harahap Budidaya Perairan
12 Yolani Jamiatul Uswah Budidaya Perairan
13 Jessica Della Gracia Bangun THP
14 Donik Nuzul Nur Utomo Ilmu Kelautan
15 Prasetya Akbar Pratama Budidaya Perairan
16 Indri Wahyu Maylisa Budidaya Perairan
17 Nur Aini Azizah Budidaya Perairan
18 Vianta Mandhalika Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
19 Alif Nur Aini Manajemen Sumberdaya Perairan
20 Emeraldo Ahmad Zaky Agrobisnis Perikanan

 

E. Universitas Lambung Mangkurat

No Nama Program Studi
1 Hilmi Fadhil Agustin Agroteknologi
2 Veny Refrawan Ayu Peternakan
3 M. Ihsanul Fikri  Agroteknologi
4 Ahmad Iqbal Peternakan
5 Nurul Hasanatul Laila  Peternakan
6 Muhammad Guntur Akbar Agribisnis
7 Widia Yuningsih Peternakan
8 Zaenul Hafizi Peternakan
9 Ahmad Ghazali Agroteknologi
10 Florentina Nofianti Aritonang Agroteknologi
11 Pita Peternakan
12 M. Rifqi Azhari Peternakan
13 Rusidah Peternakan
14 Okky Feri Ananda Agroteknologi
15 Alifah Nor A'in Agribisnis
16 Arina Dwi Astuti Peternakan
17 Soleha Aprilia Peternakan
18 Ilham Dwi Nurdiyanto Peternakan
19 Ahmad Wahyudianur Agroteknologi
20 Virgilia Risky Srikandi Moa Agroteknologi

 

F. Universitas Hasanuddin

No Nama Program Studi
1 Muh. Ubaidillah Peternakan
2 Achmad Fajar Peternakan
3 Widya Peternakan
4 M. Nur Alam Syah Peternakan
5 Suhardi Tahir Peternakan
6 Fitrah Junaedi Peternakan
7 Muh. Aksa Kasim Peternakan
8 Rizham Eka Putra Mahar Peternakan
9 Anida Anisa Sari Peternakan
10 Andi Anisa Sari Peternakan
11 Rahmat Hidayat Budidaya Perairan
12 A. Suci Islameini H Ilmu Kelautan
13 A. Muh Fajrin Ramadhan Firdaus Budidaya Perarian
14 Mardia Sultan Budidaya Perairan
15 Muhammad Shidiq Ilmu Kelautan
16 Relis Gabriel Manajemen Sumberdaya Manusia
17 Besse Daluleng Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
18 Nurul Azzahra Lukman Budidaya Perairan 
19 M. Syahrul Budidaya Perairan
20 Reski Wahyuni Budidaya Perairan

 

Kami ucapkan selamat kepada para penerima Beasiswa Prestasi Japfa Foundation cohort 2020


.

Baca selengkapnya