BERITA

photo
Japfa Foundation Lakukan Pertemuan Konsultatif dengan Direktur Polbangtan Bogor
 30 March 2020 17:02:05    Education

Bogor – Japfa Foundation terus melebarkan jejaring komunikasi dan kolaborasi dengan berbagai instansi, salah satunya adalah Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor. Direktur Polbangtan Bogor, Dr. Ir. Siswoyo, MP. menyambut baik kedatangan Bapak Ir. Yahya Djanggola, Head of Japfa Foundation dan M. Ichsan Alma’i selaku Head of EQIP (Education Quality Improvement Program). Pertemuan yang dilakukan pada tanggal 13 Maret 2020 tersebut merupakan salah satu bentuk silaturahmi sekaligus konsultasi berkaitan dengan fokus program Japfa Foundation, yakni Pendidikan Agrikultur

 


“Kami senang atas kunjungan ini dan tentunya siap berkolaborasi dengan Japfa Foundation maupun Japfa Group dalam pengembangan SDM di bidang pertanian dan peternakan” pungkas Dr. Ir. Siswoyo, MP.


 

Direktur Polbangtan Bogor, Dr. Ir. Siswoyo, MP., menjelaskan bahwa terdapat 5 program studi Pendidikan vokasi di Polbangtan Bogor, salah satunya adalah Program Diploma IV Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan. Adapun pendekatan pembelajaran yang dilakukan di Polbangtan Bogor adalah Teaching Factory (TEFA). “Proporsi pembelajaran di Polbangtan ini 70% praktik dan 30% teori. Jadi diharapkan mahasiswa Polbangtan siap terjun langsung ke lapangan pasca lulus untuk menjadi entrepreneur di bidang pertanian dan peternakan, maupun bekerja di bidang tersebut”, lanjut Dr. Ir. Siswoyo, MP. 

Pada kesempatan tersebut, Direktur Polbangtan Bogor juga mengajak Ir. Yahya Djanggola untuk meninjau Balai Penyuluh Pertanian (BPP) yang sampai saat ini dijadikan tempat praktik langsung mahasiswa/i Polbangtan Bogor.

.

Baca selengkapnya
photo
Bantuan Untuk Program Posyandu Remaja Kemuning di Puskesmas Pasar Minggu
 19 March 2020 20:43:33    Nutrition

Jakarta, 13 Maret 2020 – Japfa Foundation telah menyelenggarakan kegiatan serah terima bantuan berupa posyandu remaja kit dan paket media KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi) gizi remaja putri kepada pihak Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu guna mendukung program Posyandu Remaja Kemuning. Kegiatan serah terima ini dihadiri oleh Kepala Puskesmas Kec. Pasar Minggu dan jajarannya, Ibu Ni Made Jendri (Penanggung Jawab Program Remaja PKM Pasar Minggu), Bapak Erwin (Pengelola RPTRA Kemuning), Ibu Putri (KPLDH Kec. Pasar Minggu) serta kader posyandu remaja Kecamatan Pasar Minggu. 

Kepala Puskesmas Kec. Pasar Minggu, Ibu dr. Sri R Amelia menilai kepedulian dan dukungan bantuan Japfa Foundation kepada program posyandu remaja akan berguna untuk meningkatkan kesehatan remaja di wilayah sekitar RPTRA Kemuning, Kelurahan Pejaten Timur. 

 


“Kami sangat mengapresiasi bantuan dan dukungan Japfa Foundation terhadap program Posyandu Remaja. Semoga melalui kegiatan Posyandu Remaja ini kita tidak hanya menyediakan pemeriksaan kesehatan remaja tetapi juga dapat dijadikan wadah peningkatan keterampilan remaja”, ungkap dr. Sri R Amelia.


 

Program Posyandu Remaja merupakan salah satu kegiatan Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang melibatkan dan menyasar remaja luar sekolah. Pelibatan remaja melalui berbagai kegiatan yang mencakup upaya promotif dan preventif seperti kegiatan sosialisasi pendidikan keterampilan hidup sehat remaja, kesehatan reproduksi remaja, kesehatan jiwa dan pencegahan NAPZA, gizi seimbang bagi remaja, serta kegiatan lainnya yang berkaitan dengan kesehatan dan keterampilan remaja. 

Sementara, Japfa Foundation diwakili oleh Ida Fauziah dan Putri Mei Saimima selaku tim Nutrition Improvement Program (NIP) menyampaikan bahwa Japfa Foundation telah menjalankan beberapa kegiatan khususnya di RPTRA Kemuning, Pejaten Timur antara lain melalui dukungan pembangunan RPTRA yang telah diresmikan pada tahun 2017 bersama Pemprov. DKI Jakarta, dukungan program Pos Edukasi Sehat Anti Narkoba (PESAN) bekerja sama dengan BNN Kota Jakarta Selatan, dan dukungan program Posyandu Remaja yang telah diinisiasi bersama Puskesmas Kec. Pasar Minggu sejak akhir tahun 2019.

“Japfa Foundation berharap dukungan ini dapat mendukung kelancaran program Posyandu Remaja di RPTRA Kemuning dan berkontribusi pada peningkatan kesehatan remaja”, ungkap Ida Fauziah.

Melalui pertemuan ini juga, diwakili oleh tim Nutrition Improvement Program (NIP) menginformasikan kepada seluruh stakeholder Puskesmas Kec. Pasar Minggu dan perwakilan pengelola RPTA Kemuning Pejaten Timur mengenai fokus program Japfa Foundation di tahun 2020, yakni Pendidikan Agrikultur.

.

Baca selengkapnya
photo
Sosialisasi Program Beasiswa Prestasi Japfa Foundation di IPB University
 19 March 2020 20:41:48    Education

Bogor - Bertempat di Auditorium JHH Fakultas Peternakan IPB University (4/3) tim dari Japfa Foundation melakukan kegiatan sosialisai untuk penerimaan Program Beasiswa Prestasi tahun 2020.  Kegiatan ini di buka oleh Dekan Fakultas Peternakan Prof. Dr. Ir. Sumiati, M.Sc, turut mendamping beliau Wakil Dekan Bedang Akademin dan Kemahasiswaan, Dr. Ir. Ida Galih Permana, M.Sc.Agr serta Wakil Dekan Bidang Sumberdaya Kerjasama dan Pengembangan Dr. Rudi Afnan, S.Pt, M.sc.Agr

 

Kegiatan sosialisasi di hadiri oleh sekitar 53 mahasiwa dari Fakultas Peternakan, mereka sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan, Dian Winarthi selaku EQIP Officer Japfa Foundation menjelaskan tentang mekanisme pelaksanaan, benefit yang akan di dapat mahasiswa dan juga persyaratan pendukung apa saja yang diharus disiapkan untuk proses pendaftaran. Program Beasiswa ini diperuntukan untuk mahasiswa semester 6 (enam) dari program studi yang relevan dengan bisnis JAPFA Group dan  pendaftaran Program Beasiswa Prestasi Japfa Foundation ini telah di buka sejak tanggal 24 Februari 2020 dan formulir pendaftaran sudah dapat di unduh melalui website Japfa Foundation, program beasiswa prestasi ini bertujuan untuk mencetak generasi muda dalam bidang agribisnis dan agroteknologi yang mampu menjadi wirausaha muda dan berkotribusi pada industri peternakan yang berdaya saing di era 4.0. terang, dian.

 

Kegiatan acara sosialisasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, para mahasiswa sangat antusias memberikan beberapa pertanyaan kepada perwakilan dari Japfa Foundation dan sebagian besar mahasiswa dari Fakultas Peternakan yang hadir sudah mengetahui program beasiswa Japfa Foundation ini dari kaka kelas mereka. (admin_JF)

.

Baca selengkapnya
photo
Japfa Foundation Bersama JAPFA Group Lakukan Pembangunan Sekolah SMKN1 Sigi
 06 March 2020 14:02:20    Social Strategic

Gempa bumi dan tsunami Sulawesi 2018 adalah peristiwa gempa bumi berkekuatan 7,4 SR yang diikuti dengan tsunami yang melanda pantai barat Pulau Sulawesi bagian utara pada tanggal 28 September 2018, pukul 18.02 WITA. Pusat gempa berada di 26 km utara Donggaladan 80 km barat laut kota Palu dengan kedalaman 10 km. Pihak pemerintah berupaya untuk terus membantu masyarakat terdampak bencana ini melalui berbagai sektor. Salah satu yang paling penting adalah sektor pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus melakukan pemutakhiran terhadap data satuan pendidikan, pendidik, dan tenaga kependidikan, serta siswa terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

 

Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Provinsi Sulteng akan merelokasi tujuh sekolah menengah kejuruan (SMK) di area terdampak gempa bumi, likuifaksi dan tsunami 28 September lalu ke daerah aman. Tujuh sekolah yang direlokasi kata Dr. Hj. HATIJAH YAHYA, M.Si Kabid P-SMK Disdikbud Sulawesi Tengah, SMK Negeri 8 Palu dan SMK Negeri 1 Sigi serta sekolah swasta SMK Justitia Palu, SMK Islamic Center Palu, SMK PGRI Palu, SMK Janur Persada Sigi, dan SMK Muhammadiyah Marawola Kabupaten Sigi. SMKN 1 Sigi merupakan salah satu SMK Rujukan berdasarkan Surat Keputusan dari Direktur Pembinaan SMK, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud RI tahun 2016. Peringkat 1.472 dari total 1.666 SMK rujukan seluruh Indonesia, Peringkat 1 dari 12 total SMK rujukan se Provinsi Sulteng, dan satu-satunya SMK rujukan di Kabupaten Sigi.

 

SMKN 1 Sigi sebagai salah satu SMK terdampak bencana memiliki 34 ruang kelas dan memiliki 819 siswa mengalami kerusakan berat dan roboh akibat gempa bumi, Tsunami dan likuifasi. Japfa group melalui Japfa Foundation berinisiatif untuk membantu melakukan rehabilitasi dan pembangunan SMKN1 Sigi yang di awali dengan kegiatan penandatanganan MOU (Memorandum of understanding) / Note kesepahaman antara Japfa group dan pemerintahan provinsi Sulawesi tengah pada tanggal 30 Oktober 2019 yang bertujuan untuk membangun kembali sebagian fasilitas ruang belajar mengajar, ruang kantor dan fasilitas lainnya di SMKN 1 Sigi yang berlokasi Jl. Raya Palu-Palopo, Desa Sidera, Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah.

Sasaran utama yang paling strategis untuk relokasi bangunan SMKN 1 Sigi adalah :

  1. Ruang Kelas
  2. Ruang Praktik Siswa
  3. Kantor Pengelola / Kepala Sekolah,
  4. Gapura Sekolah

Di tahun 2020 ini Japfa Foundation sudah melalukan pengerjaan proyek rehabilitasi dan pembangunan SMKN 1 Sigi, per maret 2020 progress pembangunan proyek sudah mencapai 28.38% dan presentase pengerjaan yang paling tinggi yaitu pagar & gapura sekolah yaitu 62,94%. Tahapan bangunan yang sudah dikerjakan sampai saat ini adalah:

  1. Ruang Praktik Siswa (RPS)
  2. Ruang Kelas Baru (RKB)
  3. Kantor Guru
  4. Pagar & Gapura
  5. KM/WC Siswa

Pengerjaan proyek rehabilitasi dan pembangunan SMKN1 Sigi yang dilakukan oleh Japfa Foundation dan Japfa Group yang juga didukung oleh berbagai pihak baik dari pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya diharapkan dapat diselesaikan di bulan Juni 2020 Japfa Foundation dan Japfa Group tentunya berharap proyek yang sedang dilakukan saat ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat di Palu khusus nya dan masyarakat Sulawesi Tengah pada umumnya, sehingga akan menunjang kemajuan pendidikan agrikultur kedepannya. Pihak sekolah maupun dari pihak Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah mengucapkan terima kasih kepada pihak JAPFA Group dan Japfa Foundation terkait bantuan ini, “kami sangat berterima kasih kepada JAPFA Group dan Japfa Foundation untuk bantuan pembangunan yang akan dilakukan.

.

Baca selengkapnya
photo
Japfa Foundation Lakukan Sosialisasi Beasiswa Prestasi di Universitas Syiah Kuala
 28 February 2020 14:51:20    Education

Banda Aceh - Sosialisasi Program Beasiswa Prestasi Japfa Foundation kali ini berlangsung di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh (27/2). Sekitar 32 mahasiwa yang menghadiri kegiatan sosialisai ini sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan, Dian Winarthi selaku EQIP Officer Japfa Foundation juga menjelaskan kepada para mahasiswa yang hadir apa saja benefit yang di dapat serta persyaratan pendukung yang harus disiapkan untuk proses pendaftaran, khusus untuk Universitas Syiah Kuala selain mahasiswa S1 Japfa Foundation juga membuka program beasiswa prestasi bagi mahasiswa Diploma 3 Fakultas Kedokteran Hewan, jelas Dian.

Di kesempatan terpisah pihak Dekanat sangat mengapresiasi program kewirausahaan yang ditawarkan pada program beasiswa prestasi Japfa Foundation. Hal ini dinilai dapat mendukung program Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kewirausahaan Unsyiah. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh UPT Kewirausahaan tersebut antara lain adalah Pelayanan jasa inkubasi bisnis berupa pelatihan, pembinaan dan pendampingan usaha tenant UMKM di dalam dan luar kampus Unsyiah. Saat ini banyak kelompok mahasiswa dari FKH Unsyiah yang mengikuti program pembinaan tersebut.

Hal senada juga disampaikan Dr. Drh. Sugito selaku Wakil Dekan I, program beasiswa prestasi Japfa Foundation sudah berjalan dengan baik tiap tahunnya, dengan adanya program sosial yang harus dilakukan oleh setiap penerima beasiswa menurut dia kegiatan tersebut harus berkelanjutan dan jangka panjang dan nantinya desa tersebut akan menjadi desa dempingan FKH Unsyiah. Sehingga setiap penerima beasiswa Japfa Foundation bisa melakukan intevensi secara berkelanjutan.

.

Baca selengkapnya
photo
Sosialisasi Program Beasiswa Prestasi Japfa Foundation di Universitas Andalas
 27 February 2020 14:22:15    Education

Padang - Bertempat di balai sidang Fakultas Pertanian Universitas Andalas (24/2) tim dari Japfa Foundation melakukan kegiatan sosialisai untuk penerimaan Program Beasiswa Prestasi tahun 2020. Kegiatan ini di buka oleh Dekan Faperta, Dr. Ir. Munzir Busniah, M.Si, turut mendamping beliau Wakil Dekan I, Dr. Ir. Irawaty dan Wakil Dekan III Ir. Adrinal M.Si serta Kabag TU dan Kasubbag Akademin dan Kemahasiswaan dari Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan Universitas Andalas.

Kegiatan sosialisasi di hadiri oleh sekitar 41 mahasiwa dari Fakultas Pertanian dan Peternakan, mereka sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan, Dame Manalu dari Japfa Foundation juga menjelaskan tentang mekanisme pelaksanaan, benefit yang akan didapat mahasiswa dan juga persyaratan pendukung apa saja yang diharus disiapkan untuk proses pendaftaran. Program Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa semester 6 (enam) dari program studi yang relevan dengan bisnis JAPFA Group dan pendaftaran Program Beasiswa Prestasi Japfa Foundation ini telah di buka sejak tanggal 24 Februari 2020 dan formulir pendaftaran sudah dapat di unduh melalui website Japfa Foundation.

Turut hadir juga dalam kegiatan ini para penerima Beasiswa Japfa Foundation tahun 2019 (red: JFSC) mereka berbagi tentang pengalaman mereka dalam menjalankan program beasiswa Japfa Foundation, salah satunya menceritakan bagaimana program bimbingan akademik, bahasa inggris dan kegiatan sosial membantu mereka untuk meningkatkan rasa percaya diri pasca lulus, serta menambah pengalaman dalam berbagi ilmu dan berinteraksi dengan masyarakat. Mereka memberikan dukungan kepada Japfa Foundation dan akan membantu serta mendampingi adik angkatan yang berminat mendaftar beasiswa Japfa Foundation 2020. (admin_JF)

.

Baca selengkapnya